05
May
10

Ikan paus membawa banyak pengawal


Kejadian ini saya alami sendiri di sekitaran teluk bone dekat pulau Bulu Poloe. Kepercayaan ini juga masih dipegang oleh banyak kaum nelayan setempat dan sekitarnya.

Kepercayaan itu mengatakan, bila ada ikan paus (sharkwhale) nelayan setempat menyebutnya sebagai Kawalian Ratu (Ratunya ikan), maka dia akan membawa banyak pengawal berupa ikan ikan besar sejenis, tuna, GT, juga lumba lumba. Sewaktu saya mancing bersama seorang teman dan satu orang operator perahu, saat itu siang hari sekitar jam 12. Laut tenang langit tak berawan. Strike tak kunjung ada. Sekitar jam 14, saya berdiri buang air kecil (pipis), saat sedang pipis itulah tiba tiba saya melihat sesuatu sangat besar kurang lebih 3 meter  di bawah perahu saya  dan berenang melintas sepanjang perahu dari arah belakang ke arah depan.

Saya kaget sekali sampai sampai pipis saya masuk kembali rasanya haha. Dalam pikiran bagaimana seandainya dia naik ke permukaan sewaktu lewat di bawah perahu, bagaimana jika dan bagaimana jika… Saya lihat operator perahu tenang tenang saja. Dia bilang,” Tidak apa apa ji, jangan takut. itu namanya Kawalian Ratu, turunkan mi lagi pancingnya siap siap kita dapat ikan besar”.

Saya dan teman sayapun kembali menurunkan pancing, dan benar saja tidak lama kemudian kami strike silih berganti menaikkan GT seberat 6-8Kg.

Sayapun percaya dengan kepercayaan itu. artinya ini merupakan suatu kenyataan dan bukan hanya mitos. Kemungkinan disini terjadi yang namanya rantai makanan. Shark Whale memakan plankton ( ikan ini makan plankton, rasanya ga sesuai dengan besar tubuhnya), plankton juga merupakan makanan ikan ikan kecil sejenis teri dan sebagainya. Ikan teri adalah makanan ikan yang lebih besar sejenis selar, tembang, rumah rumah dan sebagainya. Ikan selar, tembang dan sebagainya adalah makanan ikan yang besar sejenis GT, Barakuda, Tuna dan sebagainya. Jadi dengan datangnya ikan Shark Whale ini ikan ikan lainpun akan berbondong bondong mengikutinya. Karena shark whale mencari plankton otomatis disekitar situ akan terdapat banyak makanan.

Lihat aja dalam gambar, betapa banyaknya ikan yang mengitari disekitar shark whale ini.

Menurut anda, ini adalah mitos saja ataukah kenyataan?


0 Responses to “Ikan paus membawa banyak pengawal”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

