05
May
10

Dilarang Melangkahi Pancing / Joran


Kepercayaan ini saya dapati di Soroako dan juga sekitarnya. Waktu itu saya sedang mancing bersama seorang teman yang biasa saya panggil om seorang pensiunan. Sewaktu mancing, ada seorang anak hendak berjalan melewati kami. Kebetulan anak itu lewat persis di depan si Om. Ketika anak itu hendak lewat, si Om memukul kaki anak itu dan berkata ” jangan lewat situ, lewat belakangku saja kalau mau pindah”.

Setelah anak itu lewat, si Om bilang pada saya bahwa menurut kepercayaan masyarakat, pancing adalah alat untuk mencari makan maka menjadi satu pamali bila ada orang yang melangkahinya, sebab pancing itu tidak akan memberi rejeki lagi.

Mitos ataukah kenyataan?

Menurut saya ini hanya sebuah mitos, yang mengajarkan orang agar menghormati dan memelihara alat untuk mencari makan. adi alat itu bukan hanya untuk dipakai saja tetapi juga harus dirawat dan dibersihkan.Kenapa tak boleh dilangkahi? sebab takut terinjak dan patah sehingga tak bisa dipakai lagi. Selain itu bila dilangkahi sementara orang memancing, akan mengganggu pemancing pemilik pancing itu.Bagaimana menurut anda??


0 Responses to “Dilarang Melangkahi Pancing / Joran”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: